Teknik Bermain Basket

Teknik Basket Menyerang dan Bertahan
Anda tentu mengenal olahraga yang satu ini, basketball. Teknik basket juga pasti sudah anda ketahui, basket merupakan salah satu olahraga yang sekarang ini cukup popoler di Indonesia, meskipun tak sepopuler sepak bola. Apakah anda salah seorang penggemar bola basket? Jika ya, apakah anda sudah mengenal teknik-teknik atau bermain bola basket?
Sebelum membahas teknik basket, penulis akan menjelaskan sedikit tentang teknik dan strategy dalam bermain basket yang berhubungan dengan teknik basket
Teknik Basket – taktik dan strategi
Taknik bermain basket merupakan sebuah siasat atau cara berpikir bagaimana menerapkan teknik basket yang sudah dipelajari dan diakuasai saat bermain untuk menyerang lawan secara sportif atau bertahan, dengan tujuan memenangkan pertandingan atau kejuaran. Jadi, penjelasan singkat tentang taktik bermain basket yaitu sebuah siasat dan tekni basket yang diterapkan untuk membongkar pertahanan lawan dengan sprotif berdasarkan kemampuan yang sudah dimiliki.
Ciri-ciri taktik dalam teknik basket adalah sebagai berikut.
- Mengembangkan daya nalar, kreatif dan mengambil keputusan yang tepat.
- Menganalisis kesiapan fisik,teknik serta mental agar lawan melakukan apa yang diinginkan
- Mencarai kemenangan secara efektif dan efisien
- Memantapkan mental juara
- Mengendalikan emosi diri
- Mencegah cedera yang biasa terjadi pada kaki
- Mengantisipasi kekuatan dan kelemahan lawan
Sementara itu, jenis – jenis taktik yang terdapat dalam teknik basket adalah sebagai berikut
- Teknik basket defense ( bertahan )
- Teknik basket transisi dari bertaan menuju menyerang
- Teknik basket offense ( penyerangan )
- Teknik basket transisi dari menyerang menuju bertahan
Pembahasan selanjutnya yang berkaitan dengan teknik basket adalah strategi. Strategi dalam bermain adalah sebuah siasat atau cara yang dipakai sebelum bertanding dengan tujuan meraih kemenangan dengan cara yang sprotif. Ciri – ciri dan strategi ini adalah sebagai berikut
- Siasat dibuat atau disusun sebelum pertandingan dimulai
- Siasat disusun berdasarkan kondisi, tempat, dan sistem yang digunakan
- Trategi mengutamakan hasil observasi kekuatan dan lawan
- Strategi lebih membahas latihan otomatisasi, pola, teknik basket berupa tipe penyerangan dan pertahanan individu, kelompok atau tim
- Keberadaan pelatih lebih berperan daripada pemain dalam menentukan strategi
Pada dasarnya teknik basket dapat dibedakan menjadi teknik menyerang (offensive technique ) dan teknik bertahan ( defensive technique ) apa perbedaan mendasar dari kedua teknik ini ?
Teknik Basket – teknik menyerang
Teknik menyerang dalam permainan basket sangat penting karena teknik basket ini sangat memungkinkan seorang pemain basket membuat poin sebanyak-banyaknya. Sehingga, tim yang dibelanya memperoleh kemenangan. Kemantapan teknik menyerang dalam permainan basket sangat ditentukan oleh kemampuan atau skill individu setiap pemain.
Adapun kemampuan-kemampuan teknik basket tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
- Kemampuan mengoper bola ( passing )
- Kemampuan mengolah atau membawa bola ( ball handling dribbling )
- Kemampuan melempar bola ( shooting )
- Kemampuan menangkap atau menguasai bola ( rebounding )
Dalam hal ini, kemampuan mengoper bola dengan tepat dan cepat menajdi kunci pemain basket yang mengedepankan kolektivitas tim. Oleh karena itu, setiap pemain basket yang akan menerapkan teknik menyerang hendaknya menguasai beberapa teknik mengoper bola dengan benar. Apalagi jika pemain tersebut berperan sebagai seoarng pengatur serangan ( play maker )
Adapun teknik basket dasar mengoper bola dalam permainan basket terdiri dari 5 jenis yaitu mengoper bola lurus ke depan setinggi dada ( chest pass ), mengoper bola dengan pantulan (bounce pass ), mengoper bola dari atas kepala ( overhead pass ) memgoper bola dari samping atas kepala seperti melempar bola baseball ( baseball – style passs ), dan dari belakang ( behind-the-back-pass )
Setelah menerima operan bola dari reka satu timnya, seorang pemain yang melakukan srangan hendaknya mempunyai kemampuan mengolah dan membawa bola tersebut dengan cara melakukan pantulan bola ( dribbling ) dengan baik. Ketika melakukan dribbiling ini, seorang pemain hendaknya melakukan gerakan dinamis dan tetap fokus terhadap bola yang dikuasinya serta memperhatikan posisi dan pergerakan rekan setimnya. Sehingga pada saat yang tepat ia harus segera mengoper bola tersebut.
Pada dasarnya, teknik basket dasar melakukan dribbling terdiri dari 5 jenis yaitu speed dribbling ( pantulan bola dengan tetap berlari cepat ). Crossover drbbling ( pantulan bola menyilang kiri-kanan didepan badan ). Behind the back dribbling ( pantulan bola menyilang dibelakang tubuh punggung), dan spin dribbling ( pantulan bola ketika melewati pemain bertahan dengan cara berputar )
Ketika seorang pemain basket yang melakukan serangan telah berada pada posisi dan keadaan yang tepat untuk melakukan lemparan ke arah ring. Maka ia diharapkan segera melakukan lempara ( shooting ) dengan cepat menggunakan teknik tertentu. Adapun, beberap teknik shooting antara lain adalah lay-up shoot ( lemparan bola dengan satu tangan di bawah basket ), jump shoot ( lemparan bola sambil melompat ), foul shoot ( kemparan bebas atau lemparan hukuman ), dan hook shoot (lemparan sambil berputar )
Lemaparan seorang pemain penyerang ke arah ring tidak selamanya tepat. Sehingga, ketika bola tidak masuk kedalam basket dan diharapkan akan jatuh ke lapangan, pemain penyerang lainnya diharapkan melakukan gerakkan dengan cepat untuk melakukan penangkapan atau penguasan ( rebounding ) terhadap bola tersebut. Agar dapat melakukan proses rebounding dengan tepat, seorang pemain penyerang melakukan pergerakan tanpa bola dengan baik ketika rekan lainnya melakukan tembakan.
Teknik basket – teknik Bertahan
Teknik bertahan biasanya diteraplan oleh sebuah dengan tujuan untuk mempertahankan kemenangan atau untuk menjaga ring agar tidak kebobolan lebih banyak oleh tim penyerang. Oleh karena itu, pada prinsipnya basket ini sebenarnya adalah mencegah pemain-pemain penyerang untuk melakukan penyerang dengan lebih leluasa
Dalam hal ini tenik bertahan dalam bermain basket dapat dibedakan menjadi pertahanan orang per orang ( man-to-man defense ) dan pertahan daerah ( zone defense ). Pada man-to-man defense seorang pemain bertahan bertugas menjaga satu pemain penyerang kemana pun pemain tersebut bergerak. Sementara itu, pada zone defense para pemain bertahan bertugas menjaga daerah tertentu dari gerakan para pemain penyerang. Salah satu pola zone defense yang umum digunakan adalah pola 2-1-2. Pada pola ini, dua orang menjaga di daerah depan. Satu orang menjaga didaerah tengah, d an 2 orang menjaga didaerah belakang
Teknik Basket – teknik pemain bola basket profesional
Ada beberapa teknik basket profesional seperi fade away, hook shoot, jump shoot,crossover, dan slamdunk
Fade Away
Merupakan teknik basket yang dilakukan dengan cara mendorong badan kebelakang ketika melakukan shooting dan menyebabkan pemain bertahan lawan kesulitan menghadang bola.
Slamdunk
Salah satu teknik basket paling terkenal, hanya dengan memasukkan bola langsung ke ring dan menghempaskan tangan ke dalam keranjang atau ring, teknik ini bisa dilakukan untuk pemain yang memiliki tinggi minimal 170cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>